Wednesday, November 21, 2018

Tulisan-tulisan di Blog Radita Peketo

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :D

Sungguh aku tidak menyangka bahwa aku akan update blog ini sehari sekali. Karena kadang aku lama banget update-nya. Tapi demi #BPN30dayChallenge aku akan berusaha update rutin. Kali ini aku akan membahas tema kedua yaitu tema-tema tulisan yang suka ditulis.

Biar nggak salah paham tentang arti tema, mungkin ada yang bingung tema itu bukannya tema tampilan, kayak di handphone atau LINE itu kan namanya tema? Nah, kalau di blog sendiri, model tampilan blog itu namanya bukan tema, tapi template. Tema dan template adalah dua hal yang berbeda. Kalau template yang aku suka sih sudah jelas, yang warnanya kuning. Hehehehehe.

Apa sih yang sering ditulis di blog? Kalau ditanya gitu, jawabannya bisa dilihat pada kolom label. Ada CHSR yang menempati posisi pertama dengan 40 tag, lalu Opini Broh dengan 21 tag, dan Indonesiaku dengan 18 tag. Tapi itu belum merepresentasikan dengan tepat apa yang suka kutulis.

Aku paling suka menulis cerita. Tapi cerita-ceritaku nggak ku-post di blog, karena sekarang ada platform sendiri yang dikhususkan untuk mereka yang suka menulis cerita (Wattpad). Boleh mampirlah kalau lagi senggang. Bisa dicek di tab paling atas ada kolom Wattpad. Segala cerita fiksi dan cerpen kutulis semua di sana. Yang ada di sini hanya puisi dan aku pun jarang nulis puisi juga karena susah. Kalau nggak ada feel ya apa yang mau ditulis?

Enaknya nulis di Wattpad itu tulisannya nggak bisa di-copy paste. Tapi itu belum sepenuhnya menjamin tulisan nggak akan diplagiat. Pernah denger pengalaman adik tingkat yang nulis di Wattpad dan tulisannya ditulis ulang oleh orang lain, padahal tulisan adik tingkat saya ini juga belum setenar Erisca Febriani. Ada-ada aja, yah namanya juga manusia.

Terus aslinya aku ini suka curhat nggak sih? Sukalah hahaha tapi curhat juga bukan sembarang curhat. Kalau yang dicurhatin di blog itu kejadian-kejadian yang 'istimewa' atau kejadian yang mungkin banyak orang yang ngalamin juga. Kalau yang kualami juga dialami oleh kebanyakan orang ini biasanya sambil ngasih solusi dikit-dikit. Tapi pada dasarnya aku emang suka curhat. Tagnya aja sampe 40 hehehe.

Baca juga "Sinetron Mudik 2018: Menggelandang di Solo"

Dan aku juga suka beropini. Kita sebagai warga negara Indonesia diberi hak asasi manusia, salah satunya kebebasan berpendapat yang dilindungi undang-undang (Pasal 28E ayat 3 UUD 1945). Marilah kita memanfaatkan hak itu dengan sebaik-baiknya. Buat opini itu boleh, ya walaupun kadang agak ngawur, tapi harus tetap punya dasar yang bisa dipertanggungjawabkan.

Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

Mengutip perkataan dosenku, dulu saat Marshall McLuhan memperkenalkan konsep The Global Village pada awal tahun 60-an, beliau dianggap sinting karena mengatakan manusia di masa depan akan sangat bergantung pada teknologi. Namun setelah sekian tahun berjalan hingga sekarang tahun 2018, hidup apa-apa serba teknologi. Mau menanak nasi, harus pake magic jar. Kulkas mati makanan basi. Mau ngerjain tugas harus ada laptop dan internet. Bahkan mau naik ojek saja butuh koneksi internet dan handphone. Teori tersebut telah terbukti kebenarannya setelah beliau tiada.

Mengutip perkataan dosen yang lain lagi, Isaac Newton, pencetus teori gravitasi, awalnya bukan seorang ahli fisika atau yang telah bergelut di bidang sains. Dia adalah seorang filsuf, pemikir. Ia mengeluarkan "pendapat" yang sekarang dikenal dengan teori gravitasi setelah duduk di pohon dan kejatuhan apel. Kemudian beliau melakukan riset lebih mendalam dan lahirlah teori gravitasi. Siapa yang tau opini yang kita keluarkan ternyata adalah sebuah pengetahuan yang belum banyak orang tau.

Lalu, kalau tentang Indonesia, selalu ada yang menarik untuk dibahas. Rasanya seperti nggak akan kehabisan topik membicarakan tentang negeri ini. Karena Indonesia negeriku, orangnya lucu-lucu. Makin ke sini makin lucu.

Karena Indonesia negeriku, orangnya lucu-lucu. 

Tapi kalau sekarang aku juga berusaha untuk menulis banyak tentang buku. Membahas buku apa saja yang kubaca, menceritakan di mana sisi menarik dan kekurangannya. Karena daripada hanya membaca saja, aku juga ingin berbagi. Sesuai dengan tujuan awalku membuat blog ini. Menurutku, saat kita membagikan tulisannya, hal ini akan bermanfaat untuk banyak orang. Bagi pembaca buku, dia jadi bisa menimbang akan membeli buku tersebut atau tidak. Bagi penulisnya, mungkin kritik dan saran dariku bisa dijadikan evaluasi untuk membuat karya yang lebih baik ke depannya. Win win solution :D

Baca juga "Resensi Buku: BH"

Sekian dulu untuk tulisan hari ini. Sampai ketemu besok!

No comments:

Post a Comment

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts