Thursday, November 22, 2018

Sejarah Lahirnya Nama 'Peketo Writan'

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

Marilah kita mulai bahasan hari ini dengan pertanyaan yang mungkin sempat terlintas di benak kalian ketika mampir ke blog ini. Terutama saat melihat judul alias header blog ini.

Kenapa namanya Peketo Writan? Apa arti Peketo Writan?

Ada sejarah di balik sebuah nama.

Sekarang aku akan menjelaskan sejarah panjang lebar (ini hiperbola, nggak panjang-panjang amat kok) kenapa aku memutuskan untuk memberi judul blog ini Peketo Writan. Namun sebelumnya aku juga akan mencantumkan nama-nama yang sempat kujadikan kandidat untuk menamai blog ini.

Radit's Note

Radit's Note bukan nama kandidat, melainkan judul pertama blog ini. Blog ini dibuat ketika aku SMA, tuntutan untuk mengerjakan tugas sejarah. Sebenarnya aku mulai blogging sejak SD, tapi belum kutekuni secara serius. Blog-ku dari SD, SMP hingga SMA juga berubah-ubah. SD dulu pakai Blogspot, dan karena masih nggak tau cara mainnya, akhirnya kandas begitu saja. Lahirnya blog itu cuma hasil iseng-iseng coba di warnet. Lalu pas SMP, aku ikut ekstrakulikuler komputer dan pembimbingku mewajibkan kami memiliki blog. Aku mulai beralih ke Wordpress dan usia blogku saat itu cukup awet, sampai aku kelas X SMA. Bahkan aku sempat ikut lomba blog dulu, yah walaupun kalah sih. Hingga guru sejarahku memberikan tugas untuk posting di blog, sedangkan saat itu aku sudah lupa email dan passwordnya, akhirnya aku membuat blog baru dan lahirlah blog ini ^^.

Informasi tambahan, blog-blog lamaku itu masih ada di mesin pencarian. Nggak tau gimana cara hapusnya, ya?

Radita Bercerita

Sebelum memakai Radit's Note, aku sempat kepikiran menggunakan nama ini. Kan lucu kedengarannya, berima gitu. Radita Bercerita. Akhirnya sama-sama "ita". Tapi kuurungkan niatku karena sudah ada kakak kelas yang memiliki blog dengan nama serupa.

Coretan Radit

Ini nama kandidat yang muncul ketika aku berniat membeli domain. Ketika sudah membeli domain aku ingin nama blogku sudah tetap, paten. Sayangnya lagi-lagi aku batal menggunakan nama ini karena teman sekampusku punya blog dengan nama yang sama. Aku pun berpikir lagi.

Celotehan Radit

Nama ini memang sempat muncul sebagai kandidat, namun aku tidak benar-benar berniat menggunakannya. Karena kesannya aku seperti orang yang suka bercerita nggak jelas dan nggak penting (?) Dan mungkin orang-orang bakal salah kira ini blog-nya Raditya Dika (HAHAHA ya nggak mungkinlah). Kesannya karakterku mirip Raditya Dika banget padahal aku ingin menciptakan karakterku sendiri (tapi kebanyakan orang memang bilang kami mirip) (agak gila dan edan) (saranku nanti kalau punya anak jangan dinamain Radit ya takutnya punya sifat seperti kami).

Peketo Writan

Dan akhirnya aku memutuskan menggunakan nama ini! Karena kata 'writan' begitu tahu artinya, aku langsung bilang, "wah aku banget." HAHAHA. Emang artinya 'writan' apa sih?

Write yang berarti menulis dalam bahasa Inggris, berasal dari kata Writan yaitu bahasa Inggris Lama (Old English) yang artinya mengukir, memahat, menggores, menulis, menggambar, memberikan lewat menulis (to incise, engrave, write, draw, bestow by writing). Aku menemukan kata ini saat mencari inspirasi nama, dan kepikiran dari mana asal kata write? Lalu pas lihat artinya, ada 'menggambar' juga yang merupakan kesukaanku. Aku suka menulis dan menggambar, sehingga pada dasarnya aku orang yang hobi corat-coret, makanya aku dulu berniat menggunakan nama 'Coretan Radit'. Karena kata 'writan' ini sangat mendeskripsikan diriku, jadi aku memutuskan menggunakan nama ini.

Lantas, arti nama Peketo apa?

HAHA. Kalau itu sabar, ya! Tunggu di postingan selanjutnya. Atau kalau udah nggak sabar, bisa dibaca postingan berikut ini, tapi pake bahasa Jawa, sih, hehe. Wes pasti aku wong jowo~

Baca juga "Asal Muasal Nama Peketo" 


4 comments:

  1. Selain nama Writan, kandidat yang lain standar banget..

    ReplyDelete
  2. Biar bisa diapus harus login dulu sih dit, blog-blog lama aku bisa musnah makanya wkwk
    Ada pilihan ngeklik "forget password" gitu ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia masalahnya il. Aku nggak bisa login, udah lupa passwordnya :)))

      Delete

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts