Wednesday, December 12, 2018

10 Lagu untuk Didengar Saat Depresi dan Memberimu Kekuatan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

Awalnya saya mau menulis judul postingan ini dengen "10 Songs to Cure Your Depression" tapi khawatir nggak ketemu di mesin pencarian, jadi saya memilih judul yang lebih lokal. Saya nggak pernah depresi, tapi saya pernah beberapa kali stres berat. Dan saya selalu mendengarkan lagu-lagu ini untuk menenangkan diri saya. Semoga dapat membantu kamu juga.

Di sini saya cantumkan video liriknya, barangkali kalian ingin langsung mendengarkannya daripada harus ke Youtube dulu. Selamat berpesta dengan beban-bebanmu.

Peterpan - Membebaniku


Semua yang membebaniku
Sungguh membebaniku
Sungguh membebaniku
Sungguh membebaniku 

Ini adalah lagu yang pertama saya tuju saat saya stres. Dari lirik dan lagunya sendiri nggak banyak membantu mengurangi rasa stres, tapi anehnya malah membuat saya sedikit 'menikmati' stres itu. Ketika stres, saya tidak akan menyentuh hal-hal yang membuat saya stres itu. Saya akan membiarkannya, kemudian diam beberapa lama tanpa melakukan apa-apa. Lalu saya mencoba menenangkan pikiran dengan mendengarkan lagu ini. Peterpan berpesan lewat lagu ini agar kita memahami arti beban yang kita hadapi.

MLTR - It's Gonna Make Sense


After the rain has gone
You'll feel the sun comes
And though it seems your sorrow never ends
Someday its gonna make sense

Lagu yang menjadi obat saya sejak MAN. Setiap saya merasa ada nasib buruk menimpa saya, saya selalu mengingat lagu ini. MLTR seolah hadir di samping saya, mengingatkan saya pasti semua ini akan ada artinya. Segala kejadian akan ada alasannya, tidak ada yang namanya kebetulan. Dan percayalah bahwa hal-hal yang tidak kita inginkan yang menimpa kita, sesungguhnya Tuhan sedang menggiring kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Lagu ini adalah paket lengkap berisi curhatan, nasihat, serta solusi.

Do Kyungsoo - Crying Out


On a long and tiring day
I got together my heart that was filled with sighs
Today and tomorrow, I will get up again
  Surviving another day

Dari judulnya, sudah dapat diketahui bahwa lagu ini adalah lagu orang frustasi. Liriknya benar-benar menggambarkan perasaan seseorang saat menerima beban yang begitu berat dan hampir tak sanggup lagi. Menunggu cahaya yang tak kunjung datang. Lantas kenapa saya memasukkannya dalam catatan ini? Karena seperti lagu Peterpan tadi, lagu ini membuat saya menikmati kesedihan saya. Lagu ini mewakilkan apa yang saya rasakan namun tidak bisa saya sampaikan. Menjalani hari esok dengan terus percaya bahwa harapan selalu ada.

Akeboshi - Wind


Don't try to live so wise
Don't cry 'cause your so right
Don't dry with fakes or fears
'Cause you will hate yourself in the end

Siapapun yang di masa kecilnya tumbuh besar bersama Naruto, tentu sudah sangat dekat dengan lagu ini. Bayangkan, Naruto kecil yang selama hidupnya selalu dijauhi masyarakat dan sebatang kara. Lagu ini mendeskripsikan perasaannya yang selalu dipandang buruk oleh orang-orang di sekitarnya, bahkan ketika ia tidak membuat kesalahan. Ini adalah lagu pembelaan. Selayaknya lagu pembelaan, lagu ini juga berpesan pada kita untuk mencintai diri kita, bukan menyiksa diri. Jangan sampai kita terbawa menyiksa diri kita saat orang lain melakukan yang hal yang sama.

Greyson Chance - Purple Sky


Another day we will survive
Another day is worth the fight
Today we will rise
We will walk the rainbows and take over the sky

Lagu-lagu Greyson Chance waktu ia pertama kali debut memang sangat inspiratif terutama untuk anak-anak muda, termasuk lagu ini, Waiting Outside The Lines, Hold On Til' The Night, dan lain-lain. Liriknya dalam dan menggerakkan. Purple Sky sendiri adalah lagu yang memberikan kekuatan untuk mereka yang dibuli. Jangan membiarkan dirimu jatuh karena penilaian mereka yang belum tentu benar. Di akhir lagu, Greyson Chance menyebut beberapa nama, mungkin representasi bahwa siapapun dirimu, kamu memiliki nama dan akan selalu dikenang.

Green Day - Boulevard of Broken Dreams


My shadow's the only one that walks beside me
My shallow heart's the only thing that's beating
Sometimes I wish someone out there will find me
Till then I walk alone

Satu lagi lagu untuk menikmati kesedihan. Sayangnya, saya baru menemukan lagu lawas ini ketika saya sudah dewasa, ketika saya sudah belajar membodohamati segala hal. Namun saya masih tetap menikmati lagu ini. Lagu tentang kesendirian dan nyaris kesepian. Tak ada seseorang untuk diajak berbagi beban. Lagu yang sepenuhnya berisi curhatan yang banyak sekali mewakili tentang diri saya. Saya tidak ingin menambah beban orang lain, namun di sisi lain saya ingin memiliki seseorang yang mau berbagi beban dengan saya. Sambil menunggu datangnya orang itu, saya akan berjalan sendiri.

Linkin Park - Iridescent


Do you feel cold and lost in desperation
You build up hope but failure's all you've known
Remember all the sadness and frustration
And let it go, let it go

Iridescent, Heavy, dan In The End hanyalah beberapa lagu-lagu Linkin Park yang mewakili tentang depresi. Namun Iridescent adalah yang paling saya sukai, terutama di bagian reff menuju akhir, di mana reff dinyanyikan bersama-sama dan terdapat adlibs "let it go". Membantu mengusir segala kesedihan dan rasa frustasi dengan lantang. Paling enak kalau let it go-nya dinyanyikan sambil teriak seperti orang desperate. Lagu yang dapat berganti dengan cepat dari tempo yang gelap menjadi tempo yang memberikan kekuatan dan energi.

Demi Lovato - It's Not Too Late


So I'll take a stand
Even though it's complicated
If I can I wanna change the way I've made it

Suatu beban akan menjadi lebih berat apabila kita melakukan kesalahan. Itulah yang dijelaskan dalam lagu ini. Beban yang semakin berat itu akan menimbulkan stres. Namun bagaimanapun juga, kita memiliki tanggung jawab atas beban tersebut, sehingga kita juga harus segera memperbaikinya. Menurut saya, lagu ini juga seperti lagu permintaan maaf untuk orang-orang yang telah kita kecewakan. Katakan pada mereka bahwa kita telah berusaha sekuat tenaga, dan atas kesalahan yang terjadi, kita dapat mengubahnya menjadi lebih baik.

IOI - Downpour


Some day, the cold rain
Will become warm tears
And fall down, It’s alright
It’s just a passing downpour

Ini lagu Korea, tapi saya tulis lirik bahasa Inggrisnya saja. Kita boleh bersedih, boleh berduka, namun jangan sampai tenggelam ke dalamnya. Anggap saja kesedihan ini hanyalah hujan yang sedang lewat, karena setelah hujan akan muncul sesuatu yang lebih indah. Hari yang lebih cerah dan pelangi di atas awan. Sesuai lirik lagu di atas.

Peterpan - Walau Habis Terang


Lupakan semua, tinggalkan ini
Ku kan tenang dan kau kan pergi

Lagu yang selalu saya dengarkan ketika sedang lesu. Lepaskan semua beban, tenangkan diri untuk sejenak. Dan malam yang panjang akan berganti menjadi hari yang lebih cerah. Akan ada cahaya menyeruak, dan kita akan bangkit kembali bersama cahaya itu. Lagu ini memberikan kekuatan untuk percaya bahwa ada sesuatu yang lebih indah yang menanti dibalik kegelapan.

Sekian postingan kali ini. Semoga dapat membantu mengurangi stres dan memberikan kekuatan untuk kalian yang mendengarkannya. Have a nice day!


No comments:

Post a Comment

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts