Monday, November 19, 2018

Alasan Menulis Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

Apa kabar semuanya? Penulis kembali lagi setelah sekian lamanya. Beberapa waktu lalu buntu karena nggak tau mau nulis apa, lagi jarang baca buku juga jadi nggak bisa nulis review. Kemudian penulis menemukan motivasi kembali untuk menulis di blog lagi. Yup, #BPN30DayChallenge yang diadakan oleh Komunitas Blogger Perempuan. Langsung saja kita kupas tuntas tema pertama hari ini: kenapa menulis blog?

Pertama, karena aku suka menulis! Dulu pas masih kecil, kita punya cita-cita, yang mungkin seiring berjalannya waktu cita-cita bisa berubah. Dari yang dulu pengen jadi polisi tapi kuliahnya jurusan pendidikan, atau dari yang dulu pengen jadi dokter, kuliahnya malah jadi biologi. Aku juga gitu, cita-cita apa, kuliahnya jurusan apa. Tapi menjadi penulis adalah cita-cita yang nggak pernah berubah sejak kecil. Dan blog adalah wadah yang tepat buat menampung tulisan-tulisanku walaupun masih acakadut. Namanya juga amatir hehehe. Daripada tulisannya nangkring terus di folder dan membusuk, mending diunggah di blog. Siapa tau ada yang tertarik baca :)

Kedua, blog itu wadah untuk menyimpan kenangan (hiya hiya hiya). Eh iya tapi serius. Jadi setiap penulis punya kisah-kisah yang menurut penulis menarik, unik, nyeleneh, dan mungkin bakal terjadi cuma sekali seumur hidup, penulis tulis di blog. Kapan hari pas baca tulisan-tulisan lama di blog ini misalnya, aku mikir, "ah... dulu pernah ada kejadian kayak gini, ya...". Kejadian masa lalu itu bukan untuk dilupakan, kan? Tapi manusia kadang suka lupa. Padahal kita bisa mengambil pelajaran dari masa lalu. Itulah kenapa ada pelajaran sejarah. Blog udah kayak buku sejarah pribadi penulis. Yang mau baca-baca, bisa cek label CHSR (Curhatan Hati Seorang Radit).

Kejadian masa lalu itu bukan untuk dilupakan, kan? Tapi manusia kadang suka lupa. Padahal kita bisa mengambil pelajaran dari masa lalu.

Ketiga, blog itu sarana paling oke buat berbagi. Sebenarnya banyak juga medsos lain yang bisa digunakan untuk berbagi kayak Twitter, Instagram, Facebook, LINE, Kaskus, dan lain-lain. Tapi menurut penulis, yang paling gampang diakses itu cuma dua: blog dan Kaskus.

Coba, kalau kita pengen nyari info tentang sesuatu, misalnya cara withdraw saldo gopay (promosi dikit bolehlah). Kita tinggal masukin kata kunci "withdraw saldo gopay" di Google dan akan banyak hasil pencarian. Yang teratas pasti dari situs resmi, kemudian, blog, Twitter, baru Instagram. Cari lewat Twitter dan Facebook juga bisa menggunakan kata kunci, tapi seperti yang kita ketahui saat netizen mencari informasi yang terlintas di benak adalah, "Google aja dulu." bukan "Twitter/Facebook aja dulu.". Kalau cari di Instagram harus pakai hashtag, sedangkan di LINE nggak ada tombol pencarian di timeline-nya.

Penampakan nyari kata kunci di Google

Selain itu, blog mampu menampung lebih banyak informasi daripada platform-platform lain. Di blog kita bisa menulis sepuasnya, selega-leganya, sebanyak-banyaknya hal-hal yang ingin kita bagikan. Di Twitter terbatas 280 karakter dan Instagram membatasi sebanyak 2200 karakter. Blog bisa diakses oleh siapa saja asal punya email. Hari gini siapa sih yang nggak punya email? Satu orang bahkan bisa punya lima email (ini bukan lagi nyebut diri sendiri kok hehe). Sedangkan platform lain tidak, harus daftar dan punya akun dulu.

Kebutuhan informasi di zaman yang semakin maju ini tentunya jadi hal yang sangat penting. Kemudahan akses data juga termasuk hal yang diperhitungkan. Datanya banyak, berceceran di mana-mana, tapi jika memperolehnya sulit, data tersebut tidak bisa sampai pada penggunanya. Karena itu menurut penulis blog juga termasuk platform yang mudah diakses.

Yah kira-kira itulah alasan-alasan kenapa penulis ngeblog. Sekian untuk postingan kali ini. Sampai jumpa besok!

4 comments:

  1. asiq bgt nih mbanya... post ter-famous nih ya yg gabisa withdraw g0pay wkwkw
    sayang nih blogspot gada tombol likenya jd harus komen buat meninggalkan jejak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih nggak pernah nulis yang sampe melejit di mesin pencarian gitu :") eh emang nggak ada ya? Kok di blognya mail ada.....

      Delete
    2. Gatau...padahal bukanya di browser bukan di app w0rdpress. Ato jgn2 krn bukan app blogger kali ya(?)

      Delete
    3. Kayanya emang dari templatenya deh. Hhhh yaudalah gimana udah jatuh cinta sama tema yang ini. Aplikasi blogger kan nggak ada :")

      Delete

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts