Saturday, December 29, 2018

10 Webtoon Ini Wajib Kamu Baca

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

Halo halo! Lama tak jumpa! Ada yang kangen saya tulisan saya? Kali ini saya bakal bahas tentang Webtoon, karena setelah saya melakukan survei kecil-kecilan di Instagram, mayoritas bilang ingin tau Webtoon rekomendasi dari saya. Akhirnya kesampaian juga saya nulis ini (´∀`).

Kenapa dari saya? Karena saya sudah baca Webtoon sejak zaman baru pertama rilis dulu, saat komiknya masih komik-komik Korea, saat masih ada (un)touchable, Cheese in The Trap, Orange Marmalade, Noblesse, dan webtoon-webtoon senior lainnya. Saya emang nggak baca semuanya, mungkin sekitar 75%-lah. Saya nggak akan tidur sampai selesai baca Webtoon (kecuali pas ujian, sengaja nimbun episode biar lebih enak bacanya) jadi saya selalu tidur di atas jam 10.

Oiya mumpung bahas Webtoon, sekarang Webtoon punya kebijakan baru, diantaranya bisa baca preview episode selanjutnya tapi bayar pake koin. Ini menguntungkan buat kalian para penggila spoiler yang selalu didera rasa penasaran. Saya belum pernah nyobain ini sih, soalnya enjoy aja nunggu Webtoon update sekali seminggu. Kadang juga bisa baca di Naver atau ganti bahasa lain walaupun nggak ngerti artinya juga. Selain itu, kebijakan lainnya adalah NGGAK BISA SCREENSHOT :) untuk melindungi hak cipta kali, ya. Untung Webtoon saya belum diupdate jadi masih bisa screenshot hahahahahahahahaha (semoga pihak webtoonnya nggak baca).

Baca juga "Begini Ternyata Kenapa Saya Kecanduan Webtoon, Mungkin Sama Denganmu?"

Karena Webtoon itu komiknya banyak banget, jadi saya cuma bikin 10 rekomendasi, ya. Yang saya tulis cuma komentar aja jadi nggak pake sinopsis soalnya nanti kepanjangan hehe. Here's the list!
  

Spirit Fingers

Drama / End (#168)
INI WEBTOON TERBEST. SUDAH BEST DITAMBAH TER ((sori ngegas)). Tapi seriusan. Webtoon ini emang ceritanya sederhana banget, tapi related to real life gitu. Banyak masalah-masalah kehidupan yang diangkat di sini, tapi yang paling utama adalah bagaimana caranya menjadi percaya diri. Gambar-gambar di Spirit Fingers juga estetik banget, apa ya, unik dan menarik gitu, enak dilihat. DAN KIJEONG MASYA ALLAH BOBROK BANGET. Setelah baca webtoon ini, saya jadi ingin buat/bergabung ke klub gambar seperti Spirit Fingers :( POKOKNYA KALIAN HARUS BACA NGGAK BAKAL NYESEL, SERIUS.

Dulu pas baca ini orang-orang rame panen skrinsut karena emang gambarnya bagus-bagus banget :") sekarang mah udah nggak bisa lagi, kan huhu sedih.

Cheese in The Trap

Romantis / End (#304)
Inilah komik yang dikhususkan untuk para mahasiswa. Topik yang banyak diceritakan di sini adalah seputar dunia perkuliahan, konflik bagaimana kalau kita bertemu mahasiswa seperti ini atau seperti itu. Sederhana tapi lagi, keren banget. Kalian bisa bilang gambar komik ini pas awal-awal emang gak seberapa bagus, tapi makin ke belakang, rasanya gambar-gambar dia bener-bener mencerminkan ekspresi wajah kita yang sesungguhnya.

Awal terbit dulu, genre komik ini bukan romance, tapi drama. Nggak tau kenapa di penghujung akhir malah tiba-tiba ganti genre. Padahal isi cinta-cintaannya juga nggak banyak. Tiap saya nemu masalah di dunia perkuliahan, saya ingat komik ini, dan langsung mikir, "ternyata emang beneran ada ya di kehidupan nyata."

Saya seneng banget waktu tau Webtoon ini dibikin dramanya TAPI NGGAK SESUAI EKSPEKTASI SAYA DONG. Saya kecewa peran Seol Hong nggak terpotrai dengan baik. Bahkan penulisnya sendiri merasa kecewa. Kalian yang cuma nonton dramanya aja tanpa baca komiknya lebih dulu jelas tidak merasakan kekecewaan yang kami rasakan :") setidaknya versi filmnya lebih baik walaupun terasa pendek banget karena banyak adegan yang dipotong. Ahh kesel udahlah mending baca komiknya aja lebih ajib, dijamin!

Btw ending di komiknya 10000% lebih memuaskan ketimbang di drama atau filmnya.

90 Days

Drama / Ongoing (#84)
Baca webtoon ini, jadi inget mati. Apakah itu hal yang buruk? Enggak, justru baik. Baik banget malah. Karena dengan inget mati, kita akan melakukan segala sesuatu sebaik mungkin seolah itulah saat terakhir kita. Saya kadang berharap bisa melihat malaikat maut seperti Rara supaya ada yang benar-benar mengingatkan saya untuk selalu melakukan kebaikan. Tapi ya serem juga.

Ceritanya seru karena tokoh-tokohnya seru dan authornya juga seru!! Serius deh dari author webtoon-webtoon Indonesia, yang paling ingin saya temui adalah Bekyu :( soalnya logat yang dia gunakan di komik ini aneh, asing, tapi kocak. Misalnya, dia ngasih side note, "Merokok itu tidak baik untuk anak di bawah umur. Untuk anak di atas umur juga tidak baik. Pokoknya tidak baik. Jangan ditiru, ya. Pokoknya jangan." atau "Pretty Boy Pukis, Gelora Duniawi Masa Muda" LUCU BANGET SUMPAH DAN CUMA BEKYU YANG BISA BIKIN GITU. Ini webtoon lucu dan pahit di saat yang sama. Harus baca!!!

Aegis Orta

Fantasi / Ongoing (#120)
WEBTOON FANTASI INDONESIA PALING SERU. DESERVE TO BE ON WEBTOON ENGLISH VERSION. Tapi sampe sekarang belum terbit di sana juga huhu padahal seru banget. Dan ceritanya bakal masih panjang banget jadi belum terlambat bagi kalian yang baru mulai baca sekarang. Style gambarnya sederhana tapi bagus saya suka :))) dan karakter tiap tokohnya kuat jadi meskipun banyak saya masih bisa hafal. Jarang-jarang saya suka webtoon fantasi tapi emang webtoon ini bisa bikin saya fangirlingan tiap hari. BISA NGGAK SIH WEBTOON INI DIBIKIN ANIME GITU??? :(((

Fakta unik Aegis Orta: tiap Ramadhan pasti hiatus sebulan penuh. Apa ini ada kaitannya dengan mitos, "kalau bulan Ramadhan setan dikurung?"

God of High School

Fantasi / Ongoing (#389)
SUDAH MEMASUKI SEASON AKHIR SAUDARA-SAUDARAKU. Berawal dari celetukan kakak absen yang bilang, "GOH seru banget, lho." terbitlah rasa penasaran saya dan berujung menjadi jatuh cinta sama webtoon ini. GREGET SUPER. DARI BAB 1 HINGGA BAB 4. Kayaknya hidup saya emang nggak jauh-jauh dari kera sakti. Saya kesel karena di season akhir ini peran Mori Jin lebih banyak ditampilkan dalam wujud Mori Dan padahal saya kangen Mori Jin :((( kematian kakek Mori adalah kematian paling tragis dalam sejarah webtoon (versi saya).

Webtoon ini bahkan punya soundtrack-nya sendiri karena dibuat game. Dan gara-gara soundtrack tersebut keinginan saya makin melunjak, WEBTOON INI HARUS DIBUAT ANIMENYA! Saya harap seseorang merealisasikannya :))). Soundtrack-nya saya cantumkan di bawah, ya. Paling mantap kalau pas ada adegan pertarungan, bacanya diiringi sama lagu ini. Beh.


Pasutri Gaje & My Pre-Wedding

Romantis / Ongoing (#111)
Ini webtoon sejuta umat. Siapa yang nggak tau Pasutri Gaje dan My Pre-Wedding? Salah satu webtoon terlaris di Indonesia yang saya yakin pembacanya dari berbagai kalangan, pria wanita, tua muda, jomblo dan sudah menikah. Kisah Adimas dan Adelia memang menarik untuk diikuti. Efek samping dari membaca webtoon ini adalah, "jadi pengen cepet nikah :)))". TAPI webtoon ini nggak mengkampanyekan nikah muda kok, justru sebaliknya. Adimas itu sosok yang emag nikah saat udah siap. Nah karena ini juga webtoon dewasa, yang paling banyak dibahas emang masalah pernikahan dan rumah tangga.

BTW SI KEMBAR LUCU BANGETS HUHUHUHU #abaikan.

Flawless

Romantis / Ongoing (#155)
Webtoon romantis yang satu ini lain dari yang lain. Nggak menye-menye dan cringe. Justru, webtoon ini banyak permainan akalnya. Saya sama sekali nggak bisa menebak jalan pikiran authornya. Jadi kalau misal ada masalah gini, para pembaca mikirnya "ah pasti gini" EH PREDIKSI SALAH BERPUTAR BALIK 180 DERAJAT :))) cuma komik romance ini yang bikin mikir.

Sebenarnya masalah yang dibahas ya nggak jauh-jauh seputar remaja gitu. Dikemasnya dalam bentuk yang kocak dan misterius. Persis karakter Elios.

KOSAN 95!

Drama / Ongoing (#110)
INI SERU. BANGET.

Dan gambarnya itu lohh ampun menawan banget terutama bagian matanya. Wajahnya. Ah keren deh. Webtoon ini emang sering telat update tapi saya selalu setia menunggu. Saya bingung sampai sekarang Faisal digambar model gimanapun tetep keliatan ganteng. Dan kasusnya hmmm sangat membikin penasaran dan sakit kepala. Sayanya aja yang males mikir atau emang otak saya yang nggak nyampe ya? Apakah ending-nya adalah pertemuan antara Rena dengan kakaknya? Terus gimana masalah anak kosan yang lain?

Gitulah gengs saya pengen masuk Kosan 95 tapi kok ya beresiko banget :(( ah udahlah baca aja deh daripada penasaran!!

Matahari 1/2 Lingkar

Romantis / Ongoing (#67)
Gimana kalau sinetron dikomikin? Nah komik ini jawabannya. Bedanya kalau sinetron kan kadang agak cringe cringe ada sepeda gitu kan, setidaknya dengan dikomikin akan membuatnya terlihat lebih baik. Tapi asli dah masalah percintaan di sini complicated sekali. Tiap episode rasanya perasaan pembaca diaduk-aduk. Saya jadi mikir apa emang drama pernikahan bakal serumit itu ya? :(((

Sweet Home

Horor / Ongoing (#56)
Serem. Seru. Ngagetin. Untung sejuta untung webtoon ini nggak ada sound effect-nya kaya Ghost Path atau The Call. TAPI MONSTER-MONSTERNYA SEREM AMPUN DAH :( Ini lebih menegangkan dari Train to Busan. Kesel saya bacanya kok monsternya kaya nggak terkalahkan gitu sih. Walaupun udah sampai episode 56, perang sesungguhnya belum dimulai, Kawan. Waduh gimana, tuh. Perjalanan masih sangat panjaaaaaaaaang. Bacalah sebelum terlambat.

Btw, dah tau belom kalau beberapa webtoon diangkat jadi film? (͠≖ ͜ʖ͠≖) yas Terlalu Tampan, Eggnoid, Flawless, dan Sarimin!! Terlalu Tampan udah selesai syutingnya dan bakal tayang 31 Januari 2019 MANTAP. Yang lain masih nggak tau kapan. Kita tunggu aja ya gaisss.

Baca juga "Blogger, Wattpad, atau Webtoon?"

Sayang sekali masih banyak webtoon bagus yang belum masuk list (T⌓T) tapi sejauh ini inilah Top 10 yang h a r u s kalian baca. Mau dibikin part 2 apa gimana nih??

Saya baca hampir semua webtoon, kok. Yang belum saya baca sampai sekarang itu Girls of The Wild, Dulu Gwe(n) Pernah, Between Us, DICE, SMAS'D, 7 Wonders, Tower of God, The Infectee, Warung, Noblesse, Cases of Suicide, Strangers From Hell, Pak Guru Inyong, Mantradeva, Demi 5 kg, Cinema of Darkness, Whisper of Hope, THE BOSS, GOOD/BAD FORTUNE, Tweening, The Gamer, LOOKISM, Girl's World, Sofia: Fashion Investifation, Si Unis, Nusantara Droid War, Uga Uga. Kalau komedi kadang baca kadang enggak. Selebihnya baca semua. Kali-kali aja gitu mau nanya hehe (nanya apaan??).

Sekian postingan saya kali ini. Semoga bermanfaat(?)

12 comments:

  1. DEMI APA ANDA BELUM PERNAH BACA LOOKISM?? Pantesan ga masuk top ten. Uga uga juga sih, kocak bgt selera humornya masuk bgt sama gue HAHAHA. Tapi sekarang udah ga baca webtun lagi...udah satu semesteran apa ya :( pusing juga nih gue kalo bolak balik dari komik ke dunia nyata, capek. Wkwkw

    Tapi emangnya beneran cheese in the trap sebagus itu?? Gue males nih untuk memulai baca :( padahal udah tamat ya? Oh, sama matahari 1/2 lingkar itu dari sinetron??? Baru tau sumpah. Gue kira ya emang murni idenya, trus dari challenge abis itu jadi resmi. Ckckck. Nggak ngikutin sih semenjak jd official apalagi bau2nya tidak sesuai prediksi w. Gamau ah baca yg terlalu related ke kehidupan, cukup idup gue aja yg pahit, drama/webtun yg gue baca jangan :( *emang ya penonton banyak mau bgt gue tuh wkwk*
    Usul dong dit buat bikin rekomendasi komik/anime gitu. Lagi mood pengen nonton jejepangan nih hehehe... masa kuping gue denger omongan jepang jadi aneh gara2 keseringan nonton drakor wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum dan gue bingung sendiri pas rangorang pada ngehype authornya LOOKISM seganteng gambarnya padahal liat authornya langsung udah tapi baca karyanya belom :""")))) gue dulu baca Uga Uga tapi cuma seepisode ntar deh coba gue lanjutin. Ya Allah baca webtoon aja capek MANA SEMANGAT HIDUPMU??? つ´Д`)つ

      CHEESE IN THE TRAP BAGUS BANGET YAAMPUN ♡♡♡ itu kayak pedoman hidup anak kuliahan bangetlah. EEE bukan maksud gue MSL itu kayak sinetron gitu lho ceritanya, complicated. Bukan based on sinetron apa gitu :( serius ini tuh kayak drama korea yang masalahnya baru selesai, eh muncul masalah baru. Gitu teruss. HNGGGG mbaknya mau banyak banget padahal baca webtoonnya gratis wkwkwkwkwkwkw ( ̄▽ ̄)V

      Masalahnya tuh gue udah jarang banget nonton anime. Bener-bener stop semenjak gue menilai Boruto nggak seru :") dan jarang baca komik lagi karena ada webtoon wokwo. Lu ajalah wash yang bikin atau jangan anime film jepang aja wkwkwkwk gue agak gak mood sekarang kalo disuruh nonton yang panjang-panjang (○゚ε^○)v

      Delete
  2. Mba dit kamu harus baca girls of the wild...
    Gambar oke. Mungkin mirip sama GOH tapi versi ceweknya. Drama nya ada, pesan moral ada. Kalo biasanya cewek dikerubungin cowok2, ini kebalikan, tapi nggak cringe2 gitu.. dan karena udh tamat enak bacanya (meskipun skrg jadi webtun legend, tapi updatenya tiap hari). Aku (meskipun awam) suka banget sama gambarnya hehe.
    Setuju banget sama washfa lo harus baca lookism. Meskipun pas baca tuh gatega gimana gitu krn banyak kekerasannya, tp sseruu hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih akutu dulu pas awal ada webtoon nggak ngikutin Girls of The Wild sama LOOKISM :( aku udah ketinggalan jauh banget. Nanti coba baca deh kalau ada waktu senggang. Biasanya yang nggak cringe gitu emang seleraku banget wokwokwok thanks sarannya! (≧▽≦)

      Delete
  3. Coba dong baca webtoon seperti Strangers from hell,Good/bad fortune,DICE,the infectee,gk bakal nyesal kok bacanya hehe bikin penasaran skrg eps. Nya masih dikit jadi masih bisa di ikuti ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya aku emang harus (?) mulai baca webtoon thriller lagi deh. dulu juga ada yang nyaranin buat baca DICE aku pernah baca sekilas DAN GAMBARNYA BAGUS BANGET FAV<3 makasih sarannya! Nanti coba kubaca ;)

      Delete
  4. GE: good ending
    Re : marina
    Yamada kun to nana nin no majo
    Sama manga yang lagi hype hypenya sekarang karena jenisnya ntr.. Unik.. Apalagi kesan romancenya kentel banget dan dibuatin animenya lagi.. Ngisahin anak skolahan - kuliah. Yaitu "Domestic Na Kanojo" (pacar domestik)

    ReplyDelete
  5. otw donlod webtoon lagi….. wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Strangers from hell sama LOOKISM mantep si

    ReplyDelete
  7. GOTW Best pokokny , authorny jg buat manga Yang pemeranny mirip , judulnya Nineteen , Twenty - One. Baca deh... Gabakal nyesel

    ReplyDelete
  8. Eh, coba baca girls world, bagus deh...

    ReplyDelete
  9. Pliss baca hana haru tuh komik terbangs*t pertama yang bikin gue nangis sesenggrukan ���� gambarnya baguss jugaa aku rekomended banget sama tuh komik

    ReplyDelete

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts