Tuesday, April 17, 2018

Resensi Buku: Years After

Judul: Years After
Penulis: Orizuka
Penerbit: Puspa Populer
Cetakan Pertama, 2018
vi+266 halaman; 19 cm

Sinopsis

Pingsan di hari pertama MOS jelas bukan cara yang Lena inginkan untuk memulai masa putih abu-abunya. Apalagi untuk kesan pertama yang baik jika ia ingin diterima The Regals, klub bisbol di sekolah barunya itu. Dan yang lebih parahnya lagi, penolongnya tak lain adalah Segara, bintang utama tim bisbol SMA Menara Bangsa.


Berkat bantuan Jessa, ketua tim sofbol putri, Lena berhasil selangkah lebih dekat dengan mimpinya. Diterima jadi manajer tim, mendapat seorang sahabat, dan sosok wanita yang mampu mengisi kekosongan hatinya. Sayangnya, tak seperti kisah dalam dongeng, semuanya tidak berjalan lebih mudah sejak itu. Puncaknya adalah ketika teman-temannya merayakan hari ulang tahun Lena. Hari yang tak pernah lagi Lena rayakan sejak tiga tahun lalu....



Mama... saat itu, Lena ingin menyerah.

Lena hanya ingin menyerah.
Bolehkan Lena menyerah?

---

Kalau bicara soal penulis favorit, penulis selalu mencantumkan nama Orizuka di urutan pertama. Setelah menulis Momiji, kali ini Orizuka menghasilkan karya baru yang berjudul Years After. Buku ini adalah karya Orizuka yang ke-28. Judulnya terasa nggak asing? Iya. Sebab novel ini adalah 'lanjutan' (penulis nggak tau apakah ini termasuk sekuel apa bukan seperti Oppa and I atau The Chronicles of Audy) dari novel 17 Years of Love Song yang mana tokoh utamanya adalah Leo dan Nana alias kedua orang tua Lena. Jujur saja penulis belum baca 17 Years of Love Song tapi setelah merampungkan novel ini penulis jadi bertekad untuk membaca kisah Leo dan Nana juga. Buat yang bernasib sama kayak saya, bisa tetep paham nggak kalo baca Years After langsung? Paham kok. Wong tokoh utamanya Lena, Leo jadi tokoh sampingan dan Nana sudah meninggal.

Lena (atau yang biasa dijuluki Miiko karena badannya kecil dan rambutnya pendek) yang memiliki kondisi fisik yang lemah, pingsan saat hari pertama MOS. Beruntung ada Segara dan Jessa yang menolongnya. Namun darah yang keluar saat Lena mimisan menodai baju Segara. Lena merasa tidak enak dan bersikeras untuk mengganti baju tersebut dengan yang baru. Kejadian MOS itu membuat ia diizinkan untuk tidak ikut MOS sehingga di hari pertama sekolah ia 'terlambat' mendapat teman. Beruntung saat itu Zara, seorang gadis India, saat itu duduk sendirian di kelas.

Ada alasan khusus mengapa Lena mendaftar di SMA Menara Bangsa. Sekolah itu memiliki klub bisbol dan sofbol yang bernama Regals, dan Lena yang amat mencintai dunia bisbol bercita-cita untuk menjadi manajer klub tersebut. Tak disangka rupanya Segara adalah bintang klub bisbol begitu pula Jessa yang merupakan bintang klub sofbol. Dengan beberapa pertimbangan akhirnya Lena diterima sebagai manajer pertama klub mereka.

Di sekolah, Lena dekat dengan dokter UKS, Bu Regina, dan Lena begitu bersemangat menjodohkan Bu Regina dengan ayahnya. Ayahnya mati-matian menolak karena ia tidak mau mengkhianati Nana. Namun mertuanya dan Lena terus mendesaknya. Di lain pihak, Bu Regina yang masih lajang terus dijodohkan berkali-kali oleh ibunya namun tak ada yang membuahkan hasil.

Masalah tak berhenti sampai di situ. Cita-cita Segara menjadi pemain bisbol tidak mendapat dukungan dari orang tuanya. Segara terus berusaha keras agar bisa membuktikan kepada mereka dengan berlatih terus menerus hingga tak menghiraukan kesehatannya. Suatu hari Lena pingsan saat membantu Segara berlatih, dan di hari yang sama bola bisbol warisan Nana menghilang--harta yang sangat berharga bagi Lena.

Masalah semakin rumit saat teman-teman Lena merayakan ulang tahun Lena, yang mana Lena sendiri tak pernah merayakannya lagi karena ibunya meninggal saat melahirkannya. Membuatnya terus menyalahkan diri sendiri. Tak hanya itu, kompetisi bisbol semakin dekat dan pelatih Regals, Daud, tidak bisa melatih karena sakit jantung. Bagaimanakah Lena dan Regals mengatasi seluruh masalah ini?

Hari ketika kamu lahir adalah hari ketika aku terselamatkan. Terima kasih telah dilahirkan. Sekarang, giliranku untuk berjuang.

Pertama yang saya sukai dari novel ini adalah kisah cintanya yang nggak menye-menye. Penulis suka romance, tapi geli sama romance yang banyak bertebaran di suatu media sosial berwarna oranye yang menurut penulis atas rasa sukanya itu nggak ada faedah-faedahnya. Beda sama Lena dengan Segara atau Lena dengan Leo. Kedua, Orizuka berhasil mengeksekusi hasil observasinya tentang bisbol dengan baik. Praktik-praktik bisbol yang dilakukan anggota Regals dijelaskan dengan baik dan detail (meskipun penulis nggak paham-paham amat karena penulis buta bisbol). Dan yang ketiga, masalah keluarga yang diangkat sebenarnya sering terjadi, namun Orizuka dapat memberikan penyelesaian yang berbeda. Serius, penulis suka banget sama akhir cerita ini. Ada bagian yang tak disangka-sangka.

Kekurangannya apa, ya? Penulis sendiri bingung karena buat penulis rate buku ini adalah 4,9 dari 5. Hm, mungkin bagian penyelesaian masalah Segara dengan keluarganya yang menurut penulis kurang dapat feel-nya sehingga penulis berpikir, "Kok mudah sekali?". Tapi overall, novel ini punya banyak pelajaran yang bisa diambil. Meskipun novel ini tidak sekocak novel Orizuka yang lain. Wajar karena memang bukan genre komedi, hehe.

Sekian resensi kali ini. Mungkin berikutnya penulis akan menulis resensi tentang Sophismata? Tapi itu nanti aja. Penulis mau UTS dulu huhuhu :")

2 comments:

  1. Sophismata dong ditz please jebal gomawoyo saranghaeyo neomu neomu kamsahaeyo abis uts yaaa wqwq w kemaren gajadi daftar dong huhu lagi takada duit hhhh padahal mbanya keren abisssss :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw cek postingan terbaru. Yang kamu tunggu menanti :*

      Delete

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts