Wednesday, February 14, 2018

10 Tips Menghafal Al-Qur'an


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Postingan kali ini super faedah insya Allah. Jadi kemarin penulis baca buku bagus, judulnya "10 Jurus Dahsyat Hafal Al-Qur'an" yang ditulis oleh seorang hafizh bernama Umar Al-Faruq, Lc. Berikut penulis akan membagikan rangkumannya. Jika kalian tertarik untuk baca bukunya, silahkan beli di toko buku terdekat ^^ (jangan cari file bajakannya, ya!)

Pertama: 10 Kaidah Utama
1. Ikhlaskan hati untuk menghafal Al-Qur'an. Ada 10 hal yang bisa dijadikan motivasi untuk menghafal Al-Qur'an
   A. Agar mendapat pahala membaca Al-Qur'an dengan sebanyak-banyaknya
   B. Agar bisa shalat qiyamul lail dengan bacaan yang sudah dihafalkan
   C. Agar mendapatkan keutamaan dan pahala-pahala yang disediakan sebagai penghafal Al-Qur'an
   D. Agar kelak di akhirat berhak memberikan mahkota kehormatan dan keselamatan untuk kedua orang tua
   E. Untuk berlindung dari siksaan di akhirat
   F. Agar bisa mengajarkan Al-Qur'an kepada orang lain
   G. Niat untuk menjadi teladan yang baik bagi umat Islam secara keseluruhan
   H. Agar menjadi bagian dari kelompok yang dipilih oleh Allah SWT untuk menjaga kalam-Nya
   I. Belajar bahasa Arab dengan segala cabangnya dari Al-Qur'an
   J. Lebih dekat dengan Allah SWT
2. Kuatkan tekadmu, ingatlah bahwa menghafal adalah investasi termahal
3. Pahamilah kemuliaan menghafal Al-Qur'an
4. Amalkanlah hafalanmu, bisa dengan meneladani sosok Khalifah Umar bin Khattab, seseorang yang selalu memerhatikan aturan-aturan Allah SWT (waqafan 'inda hududillah)
5. Tinggalkanlah dosa, karena dosa menutup mata hati, membuat usaha kita tidak berkah dan menjadikan pekerjaan kita tidak menghasilkan apa-apa
6. Tilawah secara rutin. Jangan sampai ada satu hari terlewat tanpa membaca Al-Qur'an. KH. Muhaimin Zen menyatakan bahwa sebelum menghafal Al-Qur'an dianjurkan sekurang-kurangnya sudah khatam tujuh kali.
7. Belajar tajwid yang benar, sebab jika tidak, akan terjatuh pada banyak kesalahan dan arti. Dianjurkan untuk belajar pada guru (tidak belajar sendiri) sebab guru bisa membetulkan apabila terjadi kesalahan. Pokok-pokok ilmu tajwid yang harus dipelajari diantaranya:
   A. Mengetahui makharijul huruf (tempat keluarnya huruf)
   B. Mengetahui hukum nun sakinah dan tanwin ketika bertemu dengan huruf hijaiyah
   C. Mengetahui hukum mim sakinah ketika bertemu dengan huruf hijaiyah
   D. Mengetahui hukum madd, yaitu panjang pendek bacaan sesuai ketentuannya
   E. Mengetahui kapan harus berhenti dalam membaca Al-Qur'an dan kapan tidak boleh berhenti dan harus melanjutkan bacaan
   F. Mengetahui ghara'ibul Qur'an, yaitu tentang beberapa kata yang memunyai bacaan yang berbeda dibanding kata-kata lainnya
8. Memahami makna ayat, karena hal ini akan sangat membantu memudahkan proses menghafal
9. Shalatlah dengan khusyuk, sungguh, muraja'ah Al-Qur'an yang paling baik adalah yang kita laksanakan dalam shalat
10. Mintalah kepada Sang Khalik untuk memberi kita taufik dan hidayah dalam menghafal Al-Qur'an, semoga kita terpilih menjadi hamba Allah SWT yang taat dan bisa menghafal Al-Qur'an dengan sebaik-baiknya

Kedua: 10 Jurus Hebat Cepat Hafal Al-Qur'an
1. Sediakan 30 menit dalam sehari khusus untuk menghafal Al-Qur'an, insya Allah cukup. Pilihlah suatu tempat yang tenang (jauh dari kegaduhan dan suara yang mengganggu), memiliki ventilasi yang baik dan pencahayaan yang cukup, dan usahakan agar dinding-dinding di ruangan tersebut tidak ada lukisan atau gambar yang membuat gagal fokus
Tetapkan target yang jelas, misal hafalan lima baris/hari, satu juz bisa selesai dalam 60 hari. Atau One Day One Ayat, 30 juz bisa selesai dalam 17 tahun, 7 bulan, 16 hari.
2. Mulai dengan juz yang mudah. Contoh pertama juz 30, kedua juz 29, ketiga surah Al-Baqarah, keempat surah Ali Imran seterusnya sampai juz 28, jangan lupa selesaikan hafalan yang ada dulu sebelum menambah hafalan baru. Bisa juga dimulai dengan menghafal surat pilihan: al-Kahfi, al-Mulk, as-Sajdah, al-Insan, al-Jumu'ah, al-Munafiqun, Yasin.
3. Sebelum tidur bacalah halaman yang akan kita hafal sampai 25 kali, insya Allah esoknya lebih mudah menghafal. Cara hafalan satu halaman perhari bisa dengan menghafal satu ayat satu ayat, membagi halaman menjadi dua atau tiga bagian, atau menghafal satu halaman sekaligus.
4. Setorkan hafalan. Boleh saja menghafal sendiri namun kehadiran seorang guru akan membantu menghindarkan jatuh pada kesalahan.
5. Selama menghafal, usahakan gunakan satu mushaf dan tidak berganti-ganti. Mushaf yang paling baik adalah yang dimulai dengan ayat dan diakhiri dengan ayat, sehingga hafalannya tidak terpotong. Jagalah mushaf ini dengan baik dan jangan sampai hilang. Berilah tanda dengan pulpen atau pensil pada setiap ayat yang kita merasa kesulitan menghafalnya atau sering lupa ketika tiba di ayat tersebut. Menulis ayat yang sudah dihafal juga membantu terekam dalam pikiran dalam waktu yang sangat lama.
6. Bawalah mushaf selalu, atau paling tidak install aplikasi Al-Qur'an di handphone, sehingga di waktu luang bisa dimanfaatkan untuk muraja'ah hafalan. Dengarkanlah tilawah Al-Qur'an, bisa lewat murottal atau forum pengajian.
7. Menjaga shalat berjamaah. Jika dibacakan Al-Qur'an, maka dengarkanlah, karena Al-Qur'an adalah obat dan penawar bagi jiwa yang gelisah. Jadilah imam shalat berjamaah dan bacalah surat-surat yang telah dihafal, insya Allah hafalan akan bertambah kuat dan tidak mudah lupa.
8. Lancarkan dulu, baru menambah hafalan. Ketika sudah mencapai satu juz, ulangi hafalan dengan membaca dari awal juz hingga akhir juz, jika sudah lancar lanjutkan ke juz berikutnya. Mengutip perkataan Ustadz Baedum Makenun, "Menghafal Al-Qur'an sungguh terasa nikmat. Bagi siapa? Bagi yang hafalannya lancar! Kalau gak lancar ya gak nikmat."
9. Perhatikan ayat-ayat yang mirip (mutasyabihat) sebab ada sekitar 2000 ayat mutasyabihat dari 6000 lebih ayat Al-Qur'an. Cara mengingat ayat mutasyabihat dengan cara memahami maknanya, memerhatikan huruf dalam kalimat, dan memahami bahwa kata tersebut hanya ada dalam surat atau juz tertentu.
10. Mengikuti Musabaqah Hifzil Qur'an, sebab hal ini dapat membangun semangat kompetisi dan sikap percaya diri dan sebagai momentum muraja'ah.

Ketiga: Kiat Menjaga Hafalan Al-Qur'an
1. Muraja'ah dengan metode Fami Bi Syauqin yaitu membagi Al-Qur'an menjadi tujuh bagian sehingga 30 juz bisa khatam dalam waktu seminggu.
2. Muraja'ah dalam shalat misal dengan rutin membaca satu halaman dalam setiap rakaat shalat sehingga dalam sehari bisa muraja'ah setengah juz.
3. Penyimakan, bisa dengan penyimakan perorangan, kelompok, keluarga, dan dua orang
4. Mengkaji ayat yang di-muraja'ah
5. Menuliskan ayat yang di-muraja'ah
6. Mendengarkan murattal surat-surat yang sedang di-muraja'ah

Demikian rangkuman yang bisa disampaikan penulis. Ayo berjuang menghafal Al-Qur'an! (Penulis juga sedang menyemangati diri sendiri ^__^)9) semoga tulisan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts