Thursday, February 9, 2017

Kenapa Harus IC? (part 2)

Assalamualaikum! :D

Yoooooo halo semuah! Penulis kembali lagiiii~~ *bekson dramben*

Langsung aja ya gausah banyak cincong (wait, yang banyak cincong siapa?) penulis hadir kembali guna menyambung tulisan kemarin, kemarinnya kemarin. (yang belum baca, monggo dibaca dulu J)

Jadi, kenapa kita harus or disarankan masuk IC?

BEASISWA
Yaa mungkin beasiswanya sekarang emang nggak full, sih. Tapi kalo dibandingin sama sekolah asrama lain, biaya yang dibebankan kepada murid itu cenderung lebih murah. Dan worth lah segala yang akan kalian dapatkan di IC itu, malah lebih-lebih wehehe.

MADRASAH!
Yup! IC adalah madrasah di bawah naungan Kemenag RI, dan merupakan salah satu madrasah terbaik di Indonesia. Sesuai motto “Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah” IC juga menyeimbangkan antara pengetahuan agama dan pengetahuan umum. Jadi diharapkan alumni IC menjadi insan yang berhati Mekkah, berotak Jerman. Seperti harapan Presiden Ke-3 B.J. Habibie selaku pendiri sekolah ini.

PRESTISIUS
Saya sebagai alumni sudah membuktikan hal ini. IC adalah salah satu madrasah yang langganan memborong medali di ajang OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan KSM (Kompetisi Sains Madrasah). Bahkan IC juga kerap kali mengirim siswanya untuk ajang olimpiade internasional. Diantaranya Uyun Charisa Aziza (Perunggu, IGeO), Nagita Gianty Annisa (Perunggu, IBO), M. Aji Muharrom (Perunggu, IOI), Thoriq Salafi (Perunggu, Perak, IBO), dan lain-lain.

Cyaa... foto kapan nieh :'''D

Tidak hanya di olimpiade saja. IC juga memiliki guru-guru luar biasa (ini bener-bener luar biasa, penulis gak bohong suwerr!!) yang punya metode mengajar yang asik unik kadang agak nyentrik hehe. Pernah suatu ketika saat saya masih kelas X guru matematika saya memberi soal ujian masuk perguruan tinggi! Levelnya memang kadang nggak kira-kira tapi alhamdulillah itu semua bisa diatasi oleh beliau.

Lagi nggak ada gurunya, bukan gurunya yang motoin ^^v
NYONTEK? GAK LAH YAU
Penulis mulai hiperbolis. Begitu masuk IC, kalian tidak akan melihat perilaku yang satu ini. Seriusan. Tiap kali ada ulangan, jarang sekali ada guru yang stay di kelas untuk mengawasi. Kalaupun ada guru yang di kelas, biasanya beliau sibuk sendiri kita sibuk sendiri. Suasana kelas hening. Senyap. Kalo ulangan di IC kelas berasa kuburan. Ada gurunya maupun gaada gurunya. Dan itu berlanjut hingga lulus. Ekstremnya, bahkan ujian skala besar macam UAS pun ada pengawas yang hanya datang di awal dan kembali di akhir untuk mengumpulkan.
Enaknya gaada nyontek? Kalian mendapatkan kepuasan tersendiri karena hasil yang kalian kerjakan adalah jerih payah kalian sendiri (di IC ulangan saja kadang ada yang begadang semalaman. Nggak kadang deng, MAYORITAS :’’D). Melatih kejujuran. Menjaga ketenangan hati. Pokoknya mah berfaedah pisan.

This is Jatmiko pas mangan-mangan ndek IC
IC STYLE
Oke, foto atas emang kelihatan biasa aja. Padahal foto tersebut sarat makna. Bisa dilihat apa yang kira-kita membuatnya berbeda? Ya, antara ikhwan dan akhwat tidak saling campur baur. Karena IC mempunyai budaya yang disebut 'hijab'. Antara ikhwan dan akhwat tidak boleh terlalu dekat, apalagi sampai bersentuhan. Ada jarak alias radius. Gunanya apa? Mencegah timbulnya fitnah atau zina sekecil mungkin. Dan ini akan membuat kita lebih bernilai (MasyaAllah). Di foto-foto selanjutnya kalian akan menemukan 'hijab' seperti ini :D
Budaya di IC itu patut dilestarikan. Budaya ini menyangkut sikap dan berpakaian. Pakaian-pakaian di IC ada aturannya sendiri yang menyesuaikan dengan ketentuan agama (MasyaAllah). Tidak ada celana ketat, baju yang terlalu ketat. Yang akhwat mayoritas pakai kaos kaki. R*bbani everywhere. Bahkan seragam IC sendiri untuk akhwat tidak dimasukkan ke dalam rok, melainkan panjang menjuntai menutupi paha. Gunanya apa diatur-atur begitu tentang pakaian? Menjaga penampilan. Allah telah berfirman dalam Al-Qur’an agar muslim menjaga penampilannya.


Artinya :
Wahai Nabi ! katakanllah kepada istri - istrimu, anak - anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, Hendaklah mereka menutupkan jibabnya keseluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenal sehingga mereka tidak diganggu. Dan Alloh SWT Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.
(QS Al Ahzab ayat 59)
Dan percayalah menjaga penampilan itu membuat kita terlihat sopan dan profesional (asek) aura positif seolah menyebar~~ pokoknya begitulah.
Lalu budaya yang lainnya adalah salam. Iya. Salam mengucap “Assalamualaikum”. Salam ini diucapkan ke siapa saja, kecuali dari laki-laki ke perempuan (tapi pernah kadang saking terbiasanya salam ke siapa saja, seorang ikhwan lari terburu-buru sambil salam ke saya. Saya kan jadi pengen ketawa). Bahkan sama kakak kelas yang gak dikenal aja salam, lho. Di situ bisa jadi ajang mengakrabkan diri. Jadi nggak asal lewat dan cuek aja kan canggung. Enak sambil salam. Sambil doain yang disalamin. Yang disalamin ngedoain balik. Wuh betapa nikmatnya.
Sandal terbalik! Di IC, sandal-sandal berbaris terbalik menghadap luar. Unik kan? Awalnya dulu saya nggak terbiasa (cie ketauan kebiasaan ngelemprakin sendal sembarangan) tapi karena yang melakukan semua siswa, lama-lama saya terbiasa juga. Apa gunanya? Menciptakan efektifitas dan menumbuhkan jiwa yang rapi dan tidak kesusu. Fenomena sandal terbalik ini jadi ciri khas anak IC bahkan setelah di luar IC. Saya pernah tidak sengaja menemukan satu sandal berbeda arah dari sandal yang lain waktu di masjid. Ternyata itu punya kakak kelas saya. Coba iseng perhatikan barisan sandal di masjid. Siapa tahu yang kebalik punya anak IC dan jodoh (cya cya).

NO MONEY NO WORRY
Akhir bulan duit udah ludes? Transferan duit masih awal bulan? Gausah khawatir. Kalian tidak akan kelaparan karena makanan kalian sudah dijamin di kantin untuk 3 kali sehari. Ambil aja yang banyak wakakakakak. Tanpa uang pokoknya hidup kalian di IC masih tejamin. Gabakal mati. Pengen jajan? Minta temen ajaa. Butuh kuota? Minta temen aja.
Temen? Emang bakal ngasih?

Selfie seangkatan menggunakan tongsis angkatan, Mbak Qatrunnada Hamparan Melati :)))
#FRIENDSHIPGOALS
Ini dia, High School Never End! Memang benar masa SMA itu masa-masa paling greget pisan, apalagi kalo dijalani di IC. Karena kalian akan menjalaninya bersama teman kalian selama 7X24 jam. Dari yang awalnya sok-sokan gak kenal sampai tahu aib masing-masing. Karena gak dekat dengan keluarga, mau gak mau kalian bergantung pada Yang Maha Kuasa (jangan sama temen juga. Gak tau apa sakitnya digantungin :((( ) Pokoknya apa-apa temen. Karena di IC, bond pertemanan itu kuat banget. Apalagi ada angkatan. Nah kalo pas SMA yang jadi temen berkenang itu paling beberapa, kalo di IC SEANGKATAN! Kurang seru apa punya geng yang isinya 120 orang :”””) (sekarang malah lebih banyak lagi). Kalian bakal punya nama angkatan, lagu angkatan, jaket angkatan, kaos angkatan, bendera angkatan, yel-yel angkatan, dan kebersamaan angkatan :””)

Di lapangan ini pernah bergaug ratusan macam yel-yel mulai dari yel-yel angkatan sampai yel-yel kepanitiaan :')
FASILITAS LENGKAP
Yok monggo diabsen apa aja yang dibutuhkan. Sekolah? Yaiyalah ada sekolahnya -___- gimana gak ada. Asrama? Ada. Pengen makan? Ada kantin (kalo bokek wkwk) ada saung dan kopinma (kalo awal bulan) ada PAM (kalo mau deliv). Butuh siraman rohani? Masjid Ulil Albab solusinya. Badan sakit butuh perhatian? Ada poli siap membantu. Pengen olahraga? Ada lapangan IC mulai dari lapangan bola, voli, basket, dan bulu tangkis. Pengen nge-band bareng temen-temen? Ada ‘studio’ musik yang letaknya di GSG (Gedung Serba Guna). Pelajaran masih gak paham butuh pencerahan? Monggo ke rumah guru mapel terkait. Butuh ketenangan? Lakukan aktifitas di perpus hehehehehehe. Laptop eror? Ada labkom. Laboratorium? Monggo dipilih, kimia? Biologi? Fisika? Sudah lengkap plus laboran-laborannya. Komplit dah uhuy.

Kepanitiaan Sonic Linguistic 2014
SIBUK-SIBUK BERMANFAAT
Ya, murid IC memang terkenal sibuk. Tapi bukan sibuk dalam bidang akademis saja. Murid IC juga sibuk berorganisasi karena acara internal yang diadakan di IC sangat banyak sehingga banyak kepanitiaan terbentuk di mana-mana. Belum cukup acara intern, ada juga acara ekstern yang membuat murid makin sibuk. Sebut saja Sonic Linguistic, I-CARE, dan I-Fun. Satu orang murid setidaknya pernah tergabung sekali dalam kepanitiaan di IC. OSIS dan MPS nya juga tidak kalah sibuk karena tidak hanya mengurusi kehidupan organisasi sekolah melainkan kehidupan asrama juga. Kesibukan ini membuat murid-murid IC dengan sendirinya belajar membagi waktu. Mana yang prioritas mana yang di bawah prioritas. Dan skill membagi waktu ini akan sangat dibutuhkan saat dewasa nanti. Trust me everybody.

KEKELUARGAAN ABSEN
Ini, nih, salah satu yang unik dari IC, kekeluargaan absen! Nomor absen bukan sekedar nomor yang terpasang di buku absensi, namun nomor itu menjadi ikatan antara kita dengan orang lain (awwenak). Dengan nomor absen, kita memiliki kakak absen dari angkatan di atas kita, dan adek absen dari angkatan di bawah kita. Selain itu, kita juga memilki saudara absen yaitu teman seangkatan kita yang memiliki nomor absen yang sama dari kelas yang berbeda. Kekeluargaan absen ini kadang unik kadang nyeleneh tapi yang pasti asik. Kalian bisa punya temen curhat, adik kelas yang berasa adik kandung, dan kakak kelas buat diskusi. UHWAW!

Ini saudara absen saya. Absen 19 angkatan 19.

Ini kakak absen saya. Ya dua-duanya ikhwan.

Ini adek absen saya. Alhamdulillah keturutan punya 'saudara' cewek :")

Sudah, ya! Kiranya cukup sekian. Sebenarnya masih banyak yang seru di IC tapi kalo ditulis di sini beneran gak cukup dan penulis juga udah capek berbicara panjang lebar (bicara?). Tapi satu hal yang pasti, masuk IC itu adalah salah satu anugerah terbesar dalam hidup penulis. Penulis gak henti-hentinya bersyukur masuk IC (bahkan sudah alumni pun saya masih bersyukur). Dan kehidupan di IC itu walau berat tapi jika dijalani dengan banyak bersyukur, insyaAllah tetap nikmat.

Aseqaseq :3

Radita Nilna Salsabila
Politeknik Keuangan Negara STAN

D3 Administrasi Perpajakan 2016

1 comment:

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts