Thursday, December 4, 2014

Sejarah: Belanda Menjajah Indonesia 350 Tahun?

Tulisan ini bukan resensi buku ini, tapi tulisan ini berisi sebagian besar isinya. Sudah menjadi informasi umum bahwa Indonesia dijajah selama 350 tahun oleh Belanda. Tidak banyak orang mengetahui bahwa ini adalah hal yang keliru. Parahnya, informasi ini diajarkan di semua institusi pendidikan tanpa ditelisik lebih lanjut. Beruntung guru sejarah saya menyadarkan kami semua bahwa hal itu tidak benar.

Sebagian murid di sekolah menghafalkan masa penjajahan Indonesia dengan menyamakan angkanya, supaya lebih mudah. Indonesia dijajah 3,5 abad oleh Belanda dan dijajah 3,5 tahun oleh Jepang. Pertanyaanya, seperti judul yang tertera di atas, benarkah?


Pertama mari kita teliti dari tahunnya. Indonesia merdeka pada tahun 1945. Belanda mulai datang ke Indonesia pada tahun 1596. 1945 - 1596 = 349 tahun. Ilmu matematika biasanya menyarankan agar dibulatkan, tapi hal seperti itu tidak bisa berlaku pada ilmu sejarah. Hilang 1 tahun karena dibulatkan menjadi 350 tahun itu tidak masuk akal. Dalam 1 hari saja sudah bisa banyak kejadian yang menjadi sejarah, apalagi 1 tahun?

Jika ditelusuri lebih lanjut, Belanda angkat kaki dari Indonesia pada tahun 1942. Pada masa itu negara ini mulai dijajah Jepang. Sehingga masa penjajahan Belanda juga berkurang. Berarti 1942 1596 = 346 tahun. Belum lagi pada saat Belanda pertama kali datang, mereka tidak langsung menjajah, Mari kita coba lagi dengan berasumsi bahwa berdirinya VOC merupakan awal mulainya Belanda menjajah Indonesia. ini berarti 1942 - 1602 = 340 tahun. Tapi pasti VOC tidak langsung menjajah ketika berdiri, ini berarti angkanya berkurang lagi.

Jika pembaca masih penasaran, buku ini bisa memberi keterangan yang lengkap. Selamat membaca dan mencari tahu,

No comments:

Post a Comment

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts