Sunday, November 16, 2014

Budaya: Ciri Khas yang Langsung Dikenali

Pada saat OSN, aku satu kamar dengan peserta dari Jawa Tengah dan dari Bali. Romobonganku datang paling awal, sehingga aku harus menunggu kedatangan mereka lebih lama. Bahkan sampai jam 8 malam (waktu Indonesia tengah) mereka belum juga tiba.

Setelah makan malam, aku menuju kamar, berniat sholat isya. Di perjalanan aku bertemu dengan seorang gadis dan seorang ibu yang tampak kebingungan. Si gadis berambut panjang dan dikepang, kuduga dia adalah gadis Bali. Iseng aku bertanya dan ternyata benar. Aku mencoba bertanya lagi, memastikan bahwa dia adalah teman sekamarku yang kutunggu-tunggu. Ternyata dia memang teman sekamarku.

Ciri khas gadis Bali yaitu berambut panjang dan dikepang itu membantuku menemukan teman kamarku. Seandainya dia tidak bergaya seperti itu aku akan kesulitan mengenali siapa dia, dari mana dia. Banyak masyarakat Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dan itu membuat mereka mudah dikenali.

No comments:

Post a Comment

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts