Saturday, March 3, 2018

Spoiler Buku: Jangan Jadi Muslimah Nyebelin!

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo piye kabare~~~ Beberapa minggu yang lalu penulis bikin polling di Instagram mau dispoilerin isi buku Mbak Asma Nadia yang kece badai ini nggak? Dan hasil pollingnya minta spoiler! Jadi di sini penulis akan memberikan dua bagian saja dari isi buku itu, supaya kalian bisa mempertimbangkan untuk membeli atau setidaknya membaca buku yang insya Allah sangat bermanfaat ini. Penulis promosiin buku ini bukan karena dibayar berapa, tapi karena sayang sekali kalau buku sebagus ini manfaatnya nggak dibagi-bagi.




 Ini cover lama, penulis beli ketika masih SD

Langsung kita mulai saja dengan sebuah pertanyaan.


Muslimah nyebelin? Emang ada?


Harusnya sih muslimah menjadi sosok yang menyejukkan, yang membawa kedamaian, dan bukan malah bikin sebel.


Kenyataannya ada saja muslimah yang dianggap nyebelin. Mungkin juga oleh sesama muslimah. Tengok deh kiri kanan kita, depan belakang. Mungkin kamu akan dengan gampang aja nemuinnya. Atau lihat cermin. Waa... jangan-jangan muslimah nyebelin itu kita sendiri!


Jadi apa saja hal yang bisa menyebabkan muslimah dianggap nyebelin?


1. Bau Mulut


Hanya karena kamu ber'hah' dan merasa bau mulutmu gak mengganggu, bukan berarti orang lain juga merasa begitu. Lagi puasa? Bukan alasan juga untuk membiarkan bau mulut merajalela. Sebab, meskipun dalam keadaan puasa mulut relatif jadi lebih bau dari biasa, bukan berarti gak bisa diminimalisir kan?


Tips N Trick:

  • Rajin-rajin sikat gigi
  • Trus yang bener sikat gigi sehabis makan, jadi bukan sebelum sarapan, misalnya. Selain itu ada lho hadits tentang sunnahnya siwak arau sikat gigi tiap sebelum shalat. Ya kan mau ketemu Yang Mahapenting :) So, bagus sekali jika bisa membiasakan menyegarkan bau mulut dengan sikat gigi lebih sering. Gak cuma sekali dua kali sehaei. Apalagi kalau kamu habis makan pete, jengkol, duren, dll yang menyisakan bau di mulut. Trus kalau bisa, pilih odol yang bagus. Merawat gigi juga investasi diri lho. Bukankah gigi punya peran vital untuk membuat senyummu lebih cling?
  • Pakai obat kumur
  • Kalau masih bau juga, kamu bisa sedia obat kumur yang sekarang sudah banyak macamnya. Paling tidak berkumur dulu sebelum ketemu orang-orang penting. Menghadap guru, dosen, calon mertua, atau calon suami ...deu.
  • Sedia permen mint
  • Selalu sedia permen mint. Siapkan di tas, dan kunyah-kunyah sebelum pertemuan penting. Mengunyah permen mint sebelum ketemu orang-orang lebih baik daripada ngunyah coklat, yang gak punya efek menyegarkan mulut, malah bisa-bisa membuat gigimu kecoklatan kayak nenek sihir. Hihi.
  • Ke dokter gigi
  • Takut? Gak lah, kamu kan bukan anak kecil lagi. Bau mulut bisa juga disebabkan karena ada gigi yang bolong dan perlu ditambal, atau malah gigi busuk yang harus dicabut, mungkin juga karang gigi yang udah puluhan tahun gak pernah dibersihkan (ihh...). Memang sih males banget ke dokter gigi. Lihat alat-alatnya aja udah bikin hati ciut-ciut plash. Tapi mendingan sakit sekali daripada dicap: PUTRI BAU! Hehe. Biar nenangin, kamu bisa ngajak orang-orang terdekat untuk menemanimu menuntaskan masalah dengan gigi. Trus, jangan males kalau disuruh balik lagi. Pastikan pengobatan gigimu tuntas, ok?
  • Check up!
  • Ada kalanya bau mulut menunjukkan adanya gangguan kesehatan. Jadi, kalau kamu udah ngelakonin hal-hal di atas dan masih aja bau mulutnya, coba deh ke dokter buat check up, atau usahain pakai obat-obat alternatif. Jangan dibiarkan. Beberapa gangguan mulut bisa mendorong timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker mulut atau lidah.
2. Merusak Kegembiraan Teman

Misalkan, ada teman lagi semangat banget cerita soal ultahnya, terus dapat kado seru dari papanya, tiba-tiba terdengar komentar seorang muslimah, "Iiih, itu kan nggak syar'i."

Komentar seperti itu sangat cepat mematikan kegembiraan seseorang.

Contoh lain, tetangga Riena yang terkenal cantik melahirkan. Sebagaimana lazimnya, Riena pun datang membawakan bingkisan dan memberi ucapan selamat. Tapi pas lihat bayinya ... aduh jauh banget buah dari pohon deh. Riena, yang berkerudung sejak SMA itu pun berkomentar,

"Mbak, ih si dede kok lain banget sih? Pesek, item, udah gitu gak ada rambutnya lagi!"

Kebayang gak kira-kira perasaan si tetangga yang cantik itu? Padahal dia baru saja melewati masa-masa meletihkan mengandung dan melahirkan, dan sekarang lagi hepi-hepinya kedatangan momongan.

Lagian yang namanya bayi, biasanya mukanya masih bisa berubah lho. Apapun alasannya, tidak pada tempatnya, kita merusak kebahagiaan teman, yang baru saja mendapat berkah. Terutama jika perkara yang membuat gembira sama sekali gak bertentangan dengan Islam.

Tips N Trick:


  • Sambut berita bahagia dengan komen positif
  • Jika memang ada yang harus diluruskan dalam kegembiraan itu (perkara gak islami) paling tidak pikirkan sejenak, dan cari cara mungkin juga waktu yang tepat untuk menyampaikannya.  
Nah, jadi sekian aja spoilernya. Menarik kan? Menarik kan? Cus langsung baca bukunya. Beli bukunya di toko atau kalau nggak di-display, cari aja di toko online banyak, kok, termasuk tokonya Mbak Asma sendiri. Kalau nggak ada uang ya coba tanya teman-temanmu barangkali ada yang punya (pinjam punya penulis juga boleh). Yang jelas jangan coba-coba cari bajakannya, ya T_T baik itu e-book bajakan dan fotokopiannnya (?). Nggak rugi, deh punya buku ini, penulis jamin. #StopPembajakan

1 comment:

  1. Plus yg suka nyinyir, judging, ngatain...well itu sih semua orang yg ga muslimah pun harusnya gitu. Apalagi muslimah yekan.
    Nah tapi sekarang gue malah judging orang yg judging hng wqwqwq

    P.s. dit kalo blogspot ada fitur bisa ngefollow blog di luar blogspot boleh lah blog gue difollow wqwqwq😅😅😅

    ReplyDelete

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts