Monday, May 23, 2016

Blogger, Wattpad, atau Webtoon?

Haloo semuua. Kali ini (lagi-lagi) penulis mau curcol sekaligus jajak pendapat dari kalian para pembaca blogku baik yang baru berkunjung maupun yang udah langganan mampir walau nggak follow (apalah Dit).

Nah mungkin yang udah baca PPD pada penasaran ‘Mana nih lanjutannya?’. Sebenarnya lanjutannya udah ada kok. Cuma penulis emang lagi galau tingkat akut mau milih ngelanjutin post di mana: Blogger, Wattpad, atau Webtoon?

Mari kita kupas satu persatu.


BLOGGER
Situs ini terbuka bagi siapa saja dan penulis sendiri mengawali post-nya di sini. Situs ini bisa diakses siapa saja dan bisa dikomentari dengan akun yang beraneka ragam diluar Google misal Wordpress atau Yahoo! Masalahnya adalah penulis kesulitan memperoleh viewer di sini sehingga blog-nya sulit UP dan karena viewernya tidak terlalu banyak, susah juga kalau mau tenar. Dulu banyak penulis yang sukses via blogger, misalnya Raditya Dika yang akhirnya bisa nerbitin banyak buku bahkan ada yang diangkat ke layar lebar. Apakah pengguna blogger mulai sedikit? Entahlah. Atau perlukah penulis men-tag satu persatu teman di akun sosmednya dengan link blog agar mereka berkunjung ke blognya karena penasaran dengan tag tersebut? Entahlah. Tapi cara itu pernah dilakukan oleh Bayu Skak dan akhirnya dia sekarang menjadi seorang Youtubers yang sukses.

WATTPAD
Situs ini hampir sama dengan blog, hanya saja isinya memang dikhususkan untuk penulis. Bener-bener situs untuk penulis, penikmat e-book alias pembaca via hape bukan kertas. Kalau masuk ke situs ini penulis bisa mengeksplor kemampuannya bareng sama komunitas yang emang punya niat sama. Pembacanya juga dijamin ada dan setiap penulis punya hak cipta. Atmosfer persaingan penulis untuk memperoleh banyak pembaca bener-bener kerasa, apalagi sekarang banyak novel yang diangkat dari Wattpad, misalnya Dear Nathan yang udah kelewat best seller. Kekurangannya adalah pembaca yang ingin memberikan tanggapan perlu membuat akun Wattpad dan menurut penulis itu agak ribet. Selain itu penulis khawatir jika apa yang sudah ia tulis di Wattpad saat ia angkat menjadi novel justru para pembacanya enggan membeli dengan alasan ‘Ngeluarin duit, mending baca gratis di Wattpad’. Yah, itu kekhawatiran yang berlebihan, sih, soalnya penulis belum mencobanya.

WEBTOON
Nah ini situs yang lain dari yang lain. Atas rahmat Allah Yang Maha Kuasa alhamdulillah penulis diberikan kemampuan menggambar yang cukup baik (meskipun dalam masalah pewarnaan masih perlu belajar lagi) dan ada seorang teman yang mengusulkan untuk post di Webtoon saja, karena situs ini menerima karya dari komikus di Webtoon Challenge. Jika dengan berbagai pertimbangan dan penggemar akhirnya lolos, maka penulis bisa jadi komikus tetap Webtoon. Dengan adanya ilustrasi, cerita akan terasa semakin nyata karena pembaca tidak terus-terusan mengkhayal. Jika penulis memiliki banyak penggemar bisa jadi komiknya diangkat ke drama seperti Cheese in The Trap dan Orange Marmalade atau diterbitkan menjadi sebuah komik. Hambatannya adalah penulis butuh waktu ekstra untuk membuat Webtoon (apalagi jika kuliah, bisa-bisa tugas kuliah terbengkalai) dan penulis harus mencopot jabatan menulisnya dan menggantinya menjadi komikus.

Nah.


Jadi bagaimana? Penulis beneran bingung, lhoooooo. Ada yang mau menyampaikan saran? Dipersilahkan! Ditulis di kolom komentar boleh, kirim pesan langsung ke penulis juga boleh. Ditunggu ya!

4 comments:

  1. Webtoon dunk🙌🙌🙌

    ReplyDelete
  2. Kalo ikutin ego (?) aku, mending webtoon
    Plis jan wattpad, sayang gaada yang mo beli ntar kalo terbit.
    Menurut aku sih mending blog aja dit, hmm pengalaman pernah banget ngalamin galau kek begini.
    Kalo kata aku coba wordpress deh. Tampilannya lebih keren, lebih easy di manage juga (loh kok ngelantur tekan ndi-ndi)
    Ato di note facebook, asal tag orang, lagian kan facebook sekarang sedang memperbaiki diri (?)
    Pokoknya aku cuma nyaranin aja, semua keputusan kamu yang ambil. Tapi di manapun kamu berada, aku bakal tetep baca kok dit, as long as i have kuota. Hohohooo
    Peluk semangat spesial dari aku dit \^^/

    ReplyDelete
  3. Pasti pilih webtoon dongg banyak cogaaaann n cerita nya banyak yg menarik :))))

    ReplyDelete

About Me

PeketoWritan

Peketo hanyalah nama julukan yang diberikan teman-teman penulis sejak kecil dan akhirnya ia gunakan sebagai nama pena. Kelahiran Malang dan tidak betah panas. Sangat menyukai lemon dan warna kuning. Suka menggambar, membaca novel dan buku pengetahuan umum, serta menulis cerita. Rutinitasnya membaca Webtoon tiap jam sepuluh malam.




Recent Posts

recentposts

Random Posts

randomposts